Installing Cordova on Windows

Installing Cordova on Windows 10 x64

Apache Cordova (dulunya adalah PhoneGap) adalah framework pengembangan aplikasi mobile yang awalnya dibuat oleh perusahaan bernama Nitobi.

Pada tahun 2011 kemudian Adobe System membeli perusahaan tersebut, dan menyerahkan pengembangan open sourcenya kepada Apache Software Foundation dengan nama baru Apache Cordova.

Apache Cordova memungkinkan pengembang untuk membuat aplikasi mobile dengan menggunakan CSS3HTML5 dan JavaScript daripada menggunakan API yang spesifik untuk masing-masing platform seperti Java untuk Android, Swift untuk iOS dan C# untuk Windows Phone.

Dengan satu kode sumber yang sama, Apache Cordova dapat membungkus aplikasi agar dapat berjalan di banyak jenis device

Install Cordova

Apache Cordova diinstal menggunakan Node Package Manager (NPM).

Maka dari itu terlebih dahulu kita install Node JS.

Kalo di komputer anda belum terinstall Node.js, silakan install terlebih dahulu dengan mengikuti panduan instalasi Node.js pada tutorial instalasi Node.js.

Kalo sudah, buka aplikasi terminal atau command prompt lalu ketikkan perintah berikut:

command:

npm install -g cordova

Instalasi membutuhkan koneksi internet.

Tunggu proses instalasi dan bila telah selesai, tes hasil instalasi dengan perintah berikut:

command:

cordova -v

Bila muncul nomor versi, itu artinya anda sudah berhasil menginstal Cordova!

nomor versi cordova

Install Java Development Kit (JDK)

Untuk export ke package Android, kita membutuhkan Android SDK.

Android SDK juga membutuhkan Java Development Kit atau JDK

Untuk mengecek apakah JDK sudah terinstal di komputermu, ketikkan perintah berikut:

command:

javac -version

Bila muncul nomor versi, itu artinya anda sudah berhasil menginstal JDK!

nomor versi JDK

Kalo belum terinstal, ikuti langkah-langkah berikut untuk menginstal JDK:

  • Unduh Java SE JDK8 (Standard Edition) dari website Oracle:  https://www.oracle.com/technetwork/java/javase/downloads/jdk8-downloads-2133151.html . Klik tombol Java SE Downloads untuk menampilkan daftar unduhan. Klik radio Accept License Agreement lalu klik tautan Windows x86 bila komputer anda 32 bit dan Windows x64 bila komputer anda 64 bit.
  • Mulai instalasi JDK8. Pastikan Kamu mengingat dimana folder JDK ini tersimpan karena akan kita daftarkan pada PATH di Windows.
  • Setelah proses instalasi  selesai, update path dengan lokasi instalasi JDK agar JDK dapat dikenali di command line. Buka Control Panel, pilih System and Security, pilih System, pilih Advanced System Settings, akan muncul jendela System Properties. Pada tab Advanced klik tombol Environment Variables.
  • Pada jendela Environment Variables bagian list user variables, pilih variable PATH lalu klik tombol Edit. Pada bagian akhir Variable value, tambahkan path folder tempat JDK disimpan, dalam kasus di komputer saya pathnya adalah ;C:\Program Files\Java\jdk1.8.0_20\bin. Kita pisahkan path value sebelumnya dengan path baru JDK kita dengan titik koma. Klik tombol OK pada jendela Edit.
  • Selanjutnya buat variable dengan mengklik tombol New.., pada bagian Variable name isi dengan JAVA_HOME (kalo variabel ini sudah ada, maka pilih dan klik tombol Edit), lalu pada bagian Variable value isi path folder JDK seperti langkah sebelumnya dengan tanpa diakhiri folder \bin. Dalam kasus di komputer saya adalah ;C:\Program Files\Java\jdk1.8.0_20. Klik tombol OK.
  • Klik tombol OK lagi untuk menutup jendela Environment Variable.
  • Sekarang tes hasil instalasi. Buka jendela terminal atau cmd baru lalu ketik perintah javac -version Kalo muncul nomor versi, itu tandanya JDK sudah siap digunakan.

Install Ant

Apache Ant adalah library Java dan command line tool untuk mengatur proses pembangunan aplikasi Java.

Ant sudah menyediakan beberapa task seperti proses kompilasi, assembling, testing dan menjalankan aplikasi Java.

Ant ini nantinya akan digunakan oleh Cordova dan Android SDK untuk membangun aplikasi.

Untuk proses instalasi Ant, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Pada halaman http://ant.apache.org/bindownload.cgi, unduh versi terbaru Ant yang berekstensi .zip seperti apache-ant-1.9.14-bin.zip.
  • Ekstrak file .zip tersebut di tempat yang anda inginkan. Saya mengekstrak file tersebut di direktori D:\Android sehingga pathnya menjadi D:\Android\apache-ant-1.9.14.
  • Masukkan path folder Ant ke dalam variable PATH pada sistem Windows, seperti yang kita lakukan saat menambahkan path JDK pada step sebelumnya. Buka Control Panel, pilih System and Security, pilih System, pilih Advanced System Settings, akan muncul jendela System Properties. Pada tab Advanced klik tombol Environment Variables.
  • Pada jendela Environment Variables bagian list user variables, pilih variable PATH lalu klik tombol Edit. Pada bagian akhir Variable value, tambahkan path folder Ant, dalam kasus di komputer saya pathnya adalah ;D:\Android\apache-ant-1.9.14\bin. Kita pisahkan path value sebelumnya dengan path baru Ant dengan titik koma. Klik tombol OK pada jendela Edit.
  • Selanjutnya buat variable dengan mengklik tombol New.., pada bagian Variable name isi dengan ANT_HOME (kalo variabel ini sudah ada, maka pilih dan klik tombol Edit), lalu pada bagian Variable value isi path folder Ant seperti langkah sebelumnya dengan tanpa diakhiri folder \bin. Dalam kasus di komputer saya adalah ;D:\Android\apache-ant-1.9.14. Klik tombol OK.
  • Klik tombol OK lagi untuk menutup jendela Environment Variable.
  • Sekarang tes hasil instalasi. Buka jendela terminal atau cmd baru lalu ketik perintah ant -version Kalo muncul nomor versi, itu tandanya JDK sudah siap digunakan.
nomor versi Ant

Install Android SDK Tools

Android SDK Tools digunakan oleh Cordova untuk membangun aplikasi Android.

Kalo anda sudah pernah menginstall Android Studio, maka Kamu tinggal mencatat dimana letak folder instalasi Android SDKnya.

Kalo belum, kita cukup mengunduh dan menginstal Android SDK Tools. Ikuti langkah-langkah berikut untuk menginstalnya:

  • Buka halaman http://developer.android.com/sdk/index.html dan pada bagian Download pilih yang Get just the command line tools only dan klik tautan download installer.exe, seperti installer_r24.4.1-windows.exe.
  • Jalankan installer. Ikuti langkah-langkah instalasi, dan catat path dimana anda menginstal.
  • Daftarkan path Android SDK pada variable PATH seperti pada step sebelumnya. Buka Control Panel, pilih System and Security, pilih System, pilih Advanced System Settings, akan muncul jendela System Properties. Pada tab Advanced klik tombol Environment Variables.
  • Pada jendela Environment Variables bagian list user variables, pilih variable PATH lalu klik tombol Edit. Pada bagian akhir Variable value, tambahkan path folder tools dan platform-tools Android SDK, dalam kasus di komputer saya path toolsnya adalah dan path platform-toolsnya adalah ;C:\Program Files (x86)\Android\android-sdk\platform-tools. Kita pisahkan antar path value dengan titik koma. Klik tombol OK pada jendela Edit.
  • Klik tombol OK lagi untuk menutup jendela Environment Variable.
  • Tes hasil instalasi dengan memanggil perintah pada jendela baru cmd: adb version Perintah ini akan menampilkan nomor versi Android Debug Bridge.
nomor versi Android Debug Bridge
  • Langkah terakhir adalah menginstall versi SDK yang dibutuhkan oleh Cordova. Panggil perintah android pada command line untuk memunculkan jendela Android SDK Manager. Akan muncul daftar ceklis apa saja yang harus diinstal dan diupdate dari Android SDK. Saat pertama kali menjalankan Android SDK Manager ini, akan ada beberapa bagian yang secara default terceklis. Biarkan seperti itu lalu klik tombol Install n Packages.. Aplikasi akan mengunduh dan menginstal sejumlah SDK yang wajib diinstal.

Untuk yang kesulitan mendownload dan menginstall Android SDK bisa download disini:
1. GDrive (964 MB -> API level 28, 29)
2. MediaFire (1.06GB -> API level 28, 29, 30) **

Setelah selesai di download tinggal di ekstrak file .zip tersebut di tempat yang anda inginkan dan kemudian mendaftarkannya di path Android SDK pada variable PATH sesui langkah-langkah diatas.

Demikianlah cara instalasi cordova di windows 10.

Update:
** Update 23 Juni 2021

Source:

Installing Cordova on Windows