Buku Saku Wasit

Buku Saku Wasit

Overview

Perkembangan zaman yang sangat pesat mendorong semua aspek untuk menyesuaikan tuntutan zaman, tidak terkecuali dalam bidang pendidikan. Pendidikan dituntut melahirkan generasi-generasi yang cerdas, memiliki akhlak mulia, sehat, mampu mengendalikan diri dan mampu bersaing di era milenial seperti saat ini. Tuntutan zaman yang meningkat mendorong pendidikan untuk menyempurnakan proses pembelajaran dengan kombinasi teknologi, sejalan dengan misi Universitas Negeri Malang yang bertujuan menggunakan pembelajaran yang mengoptimalkan pemanfaatan teknologi. Pembelajaran dengan kombinasi teknologi sangat diperlukan dalam perkuliahan guna mendukung proses pembelajaran. 

Mata kuliah pembelajaran sepakbola merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Mata kuliah pembelajaran sepakbola berisi mengenai teori dan praktik perwasitan, yang bertujuan membekali mahasiswa untuk berkecimpung dalam dunia sepakbola terutama perwasitan. Pembelajaran dalam mata kuliah sepakbola masih menggunakan pembelajaran konvensional dan kurang sentuhan teknologi, sehingga memiliki banyak hambatan, dari materi yang tidak tersampaikan ketika pendidik tidak hadir atau tidak diterima mahasiswa saat berhalangan hadir, kemampuan otak untuk menyimpan memori terbatas, karakteristik pebelajar yang beraneka ragam dan waktu perkuliahan yang terbatas sedangkan cakupan materi yang luas. Oleh karena itu perlu adanya inovasi yang dapat mengurangi permasalahan tersebut dengan pemanfaatan teknologi. 

Penggunaan teknologi smartphone/tablet memiliki persentase 50,08% atau setengah dari penduduk Indonesia dari data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada tahun 2017. Data tersebut menunjukkan bahwa rata-rata memiliki smartphone/tablet, yang notabene lebih mudah digunakan dan dibawa dalam aktivitas sehari-hari. Pembelajaran yang dimuat di smartphone/tablet atau yang lebih dikenal dengan istilah mobile learning memiliki persentase penggunaan yang lebih besar karena smartphone digunakan dalam aktivitas sehari-hari sehingga memiliki waktu yang tidak terbatas. Selain itu pembelajaran yang dikolaborasikan dengan teknologi lebih efisien, efektif, bervariasi, mandiri, menarik dan mudah dipahami.

Category : Mobile App Development
Client : Fahrial Amiq, S.Or, M.Pd
Location : Kota Malang 

Produk akhir yang akan dihasilkan dalam penelitian pengembangan ini berupa peraturan permainan yang terdiri dari 17 pasal dan sinyal-sinyal perwasitan baik referee dan assistant referee yang dimuat dalam bentuk mobile learning application, lebih lengkapnya akan dijabarkan pada tabel berikut ini.

A. Peraturan Permainan Sepakbola 17 Pasal

  1. Lapangan permainan (the field of play)
  2. Bola (the ball)
  3. Jumlah pemain (the number of players)
  4. Perlengkapan pemain (the players equipment)
  5. Wasit (the referee)
  6. Asisten wasit (the assistant referees)
  7. Durasi pertandingan (the duration of macth)
  8. Memulai dan memulai kembali permainan (the start and restart of play)
  9. Bola masuk dan keluar dari permainan (the ball in and out of play)
  10. Cara mencetak gol (the method of scoring)
  11. Offside
  12. Pelanggaran dan kelakuan yang tidak sopan (fouls and micconduct)
  13. Tendangan bebas (free kicks)
  14. Tendangan penalti (the penalty kick)
  15. Lemparan ke dalam (the throw-in)
  16. Tendangan gawang (the goal kick)
  17. Tendangan sudut (the corner kick)

B. Sinyal-Sinyal Perwasitan

a. Wasit (referee)

  1. Tendangan bebas langsung (direct free kick)
  2. Tendangan bebas tidak langsung (indirect free kick)
  3. Keuntungan (advantage)
  4. Kartu kuning (yellow card)
  5. Kartu merah (red card)
  6. Memulai pertandingan
  7. Mengakhiri pertandingan
  8. Pergantian pemain
  9. Pelanggaran

b. Asisten wasit (assistant referee)

  1. Pergantian (subtitution)
  2. Lemparan ke dalam
  3. Tendangan gawang (goal kick)
  4. Tendangan sudut (corner kick)
  5. Offside dekat sisi lapangan (offside on the near side of the field)
  6. Offside tengah lapangan (offside on the center of the field)
  7. Offside sisi jauh lapangan (offside on the far side of the field)
  8. Pelanggaran
  9. Langkah kepiting
  10. Terjadi gol
Buku Saku Wasit